Sunday, September 30, 2007
Bulan yang penuh berkah diantara 11 bulan yang lainnya. Bulan Ramadhan adalah bulan yang paling ditunggu-tunggu seluruh umat Islam di dunia ini. Di bulan Ramadhan, Allah memberikan berkah dan rahmat berkali-kali lipat daripada bulan biasa, mengampuni dosa-dosa orang-orang yang berpuasa hanya semata-mata karena Allah, dan menjauhkan kita dari siksa api neraka kelak di akhirat, serta mengabulkan doa-doa umat-Nya. Itu sebabnya, seluruh umat islam menantikan datangnya bulan Ramadhan dan ingin menjadikan bulan-bulan yang lain seperti bulan Ramadhan. Tetapi ada juga orang yang menganggap kalau bulan Ramadhan adalah bulan bermalas-malasan, diamana mereka tidak bekerja ataupun melakukan kegiatan lain. Hanya tidur yang dilakukan, meskipun tidur itu dihitung ibadah. Rasulullah pernah bersabda,” Tidurnya orang puasa itu dihitung ibadah, diamnya dihitung membaca tasbih, dan amal ibadahnya dilipatgandakan pahalanya.” Tidurnya orang puasa itu dihitung ibadah, karena dengan tidur kita tidak akan memikirkan hal-hal maksiat dan terhindar dari sesuatu yang membatalkan puasa atau hal yang membatalkan pahala puasa. Diamnya orang puasa dihitung membaca tasbih. Kita lebih baik diam daripada berbicara yang tidak-tidak, misalnya berbohong atau menggunjing orang lain.
Di bualn Ramadhan ini sebaiknya kita banyak-banyak beribadah kepada Allah, baik ibadah yang diwajibkan maupum yang disunahkan. Seperti halnya shalat tarawih. Pada awal Ramadhan memang, banyak sekali orang-orang yang shalat tarawih di masjid. Tetapi, hari demi hari shaf di masjid semakin maju karena jamaah banyak berkurang. Mengapa demikian ? Mungkin saja orang-orang mulai pulang ke desa untuk menjenguk sanak saudaranya yang ada di sana dan merayakan Hari Raya Idul Fitri di sana pula. Selain shalat tarawih, sunah-sunah lain yang dianjurkan adalah membaca Al Qur’an. Jika kita membaca Al Qur’an di bulan Ramadhan tentu saja pahalanya dilipatgandakan. Kita disarankan khatam membaca Al Qur’an paling lama 30 hari. Jika lebih dari itu, kita dianggap melalaikan Al Qur’an.
Jadi marilah kita banyak-banyak beramal dan beribadah semata-mata hanya karena Allah. Semoga Allah menerima amal ibadah kita dan diberikanlah tempat yang layak bagi kita di akhirat nanti. Amin.
 
posted by ucupt at 7:44 PM |


0 Comments: